Manfaat Minum Teh Hijau Setiap Hari

JAKARTA - Sejak dulu, teh hijau sudah dikenal manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan, teh hijau juga disebut sebagai minuman paling sehat di dunia karena diyakini dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Teh hijau juga memiliki segudang keistimewaan bagi kesehatan tubuh. Di mana manfaat teh hijau mulai dari mengatasi insomnia, menurunkan berat badan sampai meningkatkan fungsi otak.

Teh hijau juga merupakan minuman populer yang kaya akan manfaat. Teh ini dapat kalian nikmati langsung dengan menyeduhnya atau kalian campur dengan bahan minuman dan kue.

Maka dari itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik manfaat dari teh hijau dari berbagai sumber untuk kehidupan sehari-hari. Diyakini, teh hijau bisa menjadi tubuh kalian sehat seperti:

Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar gula darah mengalami peningkatan, sedangkan tubuh tidak mampu merespons insulin dengan baik. Dalam hal ini, teh hijau bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjut untuk membuktikan manfaat teh hijau yang satu ini.

Mengatasi Insomnia

Teh hijau bisa membantu kalian untuk lebih mudah tidur, karena mengandung theanin yang memberikan efek relaksasi pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau ini, pastikan tidak menyeduhnya dengan air mendidih, cukup hangat kuku saja.

Cegah Gangguan Jantung

Penelitian Jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Disease menjelaskan mengenai manfaat teh hijau untuk kesehatan jantung. Peneliti menemukan bahwa rutin mengonsumsi teh hijau ini mampu mencegah berbagai gangguan kesehatan yang dapat memicu penyakit jantung, seperti hipertensi.

Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Polifenol merupakan satu antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker seperti kanker kulit, kanker paru, kanker lambung dan kanker payudara.

Begitupun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

Cegah dan Meringankan Sakit Gigi

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum teh hijau atau menggunakan obat kumur dengan kandungan ekstrak teh hijau bisa memberi efek positif pada kesehatan gigi dan mulut, terutama dalam mencegah kerusakan gigi yang mengakibatkan sakit gigi.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitas teh hijau untuk mengurangi sakit gigi.

Lindungi Otak dari Penuaan

A studi tahun 2020 menunjukkan bahwa teh hijau dikaitkan dengan tingkat penanda tertentu yang lebih rendah terkait penyakit Alzheimer pada orang yang tidak memiliki masalah kognitif saat ini. 

Senyawa seperti EGCG dan L-Theanine mungkin bertanggungjawab. Namun, sebuah penelitian tahun 2023 melaporkan bahwa minum terlalu banyak, 13 cangkir atau lebih dalam sehari (semua jenis teh) dapat meningkatkan kemungkinan penyakit Alzheimer. Bukti klinis tentang bagaimana sebenarnya teh hijau memengaruhi otak manusia masih kurang.

Itulah tadi 6 manfaat dari teh hijau yang patut kalian ketahui. Apalagi teh hijau diyakini sangat bagus dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan kalian. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama