Resmi Jabat Wakapolda Sumut, Rony Samtana: Siap Sukseskan Program Polda Sumut

MEDAN - Kombes Pol Rony Samtana secara resmi menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara (Sumut) usai melakukan serah terima jabatan (Sertijab) dengan Brigjen Pol Jawari di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Kamis (21/12/2023).

Seperti diketahui, Kombes Pol Rony Samtana sendiri bukan sosok baru di Sumut. Sebab lulusan Akpol 1996 itu memang cukup lama berkarir di Polda Sumut.

Sejumlah jabatan penting, seperti Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), Wadirreskrimsus hingga Dirreskrimsus pernah diembannya.

Selain di Polda Sumut, Rony Samtana juga pernah cukup lama menjadi penyidik KPK. Selain itu dia juga pernah menjadi Kasubbagprodi S3 Jemenkamtekpol Ditprog Sarjana STIK Lemdikpol.

Rony Samtana ditunjuk menjadi Kapolres Tapsel pada tahun 2015 menggantikan AKBP Parluatan Siregar yang dimutasi menjadi Wadirbinmas Polda Sumut.

Lalu, pada tahun 2017 Rony Samtana dipercaya untuk menduduki jabatan Wadirreskrimsus Polda Sumut. Karirnya pun terus naik hingga pada tahun 2018 Rony diangkat menjadi Dirreskrimsus Polda Sumut.

Setelah hampir dua tahun menjadi Dirreskrimsus, Rony Samtana dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko TNI T.A 2021 pada tahun 2020. Kemudian, Rony dipercaya menjadi Kasubdit V Dittipidter Bareskrim Polri.

Setelah itu, posisi Rony kembali dirotasi, karena pada Oktober 2023, Jenderal Listyo menunjuk Rony untuk menduduki posisi Wadirtipidter Bareskrim Polri menggantikan Kombes Nunung.

Belum begitu lama menjabat sebagai Wadir Tipidter, Kapolri kemudian mengangkatnya menjadi Wakapolda Sumut menggantikan Brigjen Pol Jawari.

Rony sendiri saat dikonfirmasi mengaku memiliki beberapa program prioritas untuk menghadapi tantangan  situasi Kamtibmas bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Terutama yang terdekat adalah agenda pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dan Pemilu 2024.

"Tentunya bersama Kapolda kita ingin mewujudkan situasi Kamtibmas di Sumut yang aman dan kondusif," katanya singkat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama