Jelang PON XXI, Gulat Sumut Gelar Pemusatan Latihan di Thailand


MEDAN - Jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, Tim gulat Sumut gelar pemusatan latihan di Thailand.


Ini dilakukan sebagai persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Di mana, Tim gulat Sumut selalu berlatih pagi dan sore di PPLP Dispora Sumut dan GOR Advent yang berada di Jalan Air Bersih, Kota Medan.


Pelatih Gulat Sumut Daslan Gultom mengatakan timnya akan latihan ke Thailand pada akhir Juli 2024. "Ada sekitar 18 atlet yang akan melakukan pemusatan latihan ke Thailand," katanya kepada wartawan, Jumat (26/7/2024).


Ia mengatakan 18 atlet itu terdiri dari 12 atlet putra dan 6 atlet putri. Pemusatan latihan di Thailand, sambungnya, KONI sumut sudah menyetujui rencana pemusatan latihan tersebut.


"Rencananya ke 18 atlet akan berangkat ke Thailand akhir bulan ini (Juli) mengikuti pemusatan latihan. Kita jadwalkan pemusatan latihan selama 20 hari," kata Daslan Gultom. 


Selama di Thailand, akunya, pemusatan latihan menyasar kepada pemusatan latihan fisik dan teknik serta berlatih dengan mitra tanding yang berkualitas. 


Dikatakan Daslan Gultom, empat pelatih akan mendampingi ke-18 atlet tersebut selama di Thailand.


"Di Thailand, atlet kita akan bertanding sama atlet klub yang ada di sana, karena mereka persiapan juga," ucap pria yang juga mantan atlet gulat Sumut tersebut.


Alasan Tim Gulat Latihan di Thailand Jelang PON XXI


Sebelum memutuskan untuk pemusatan latihan di Thailand, Pengprov PGSI (Persatuan Gulat Seluruh Indonesia) Sumatera Utara (Sumut) kata Daslan Gultom sudah berkomunikasi dengan presiden gulat Thailand, meminta agar atlet Sumut diterima di sana.


"Presiden gulat Thailand sudah oke, sudah mau menerima kita. Lagi pula kalau (pemusatan latihan) ke daerah lain, mungkin hasilnya tidak akan maksimal, karena bisa saja mereka tidak mau menunjukkan kekuatan mereka kepada kita. Jadi Thailand menjadi pilihan karena kami yakin lawan latih tanding di sana pasti punya kualitas," ungkap Daslan Gultom yang mulai menjadi pelatih gulat sejak tahun 2000 lalu.


Dengan pemustaan latihan di Thailand, menurut Daslan, pihak pelatih akan lebih optimal untuk melakukan evaluasi terhadap atlet. 


"Setelah latihan dengan mitra tanding, selanjutnya kita evaluasi. Dengan evaluasi, kami yakin kemampuan anak-anak bisa meningkat dan kami akan terus memperbaiki kekurangan mereka," harapnya.


Seperti diketahui, atlet gulat PON Sumut akan mengikuti 18 kelas yang akan dipertandingkan di PON 2024. 


6 atlet putra dan putri akan mengikuti kategori freestyle, sedangkan 6 atlet putra akan mengikuti kategori Greco Roman.


Serda Praditya Aji Pambudi (23), atlet gulat Sumut yang akan bertanding di kelas 67 Kilogram Greco Roman.


Serda Praditya Ali Pambudi mengatakan, pemusatan latihan di Thailand akan dimaksimalkan untuk memperbaiki kekurangan dirinya.


"Tentunya di sisa waktu ini termasuk saat TC di Thailand, saya akan fokus memperbaiki kondisi fisik dan teknik dan manajemen waktu untuk istirahat, supaya bisa recovery dengan baik. Di sana kan bisa lebih fokus latihan, nggak miikir hal lain," pungkasnya.


Sumber Nusantara Terkini

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama